Biar Tak Keliru! Ini Dia 3 Tips Memilih Dan Cara Menyimpan Kurma Yang Food Safety

Ini Dia 3 Tips Cara Memilih Dan Menyimpan Kurma Yang Food Safety
Ini Dia 3 Tips Cara Memilih Dan Menyimpan Kurma Yang Food Safety

SCANHARGA.COM - Tinggal sebentar lagi umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan. Dimana bulan Puasa memang selalu indentik dengan hadirnya Buah Kurma.

Kehadirannya banyak kita temui disetiap Supermarket hingga ke pedagang tradisional seperti di Pasar Tanah Abang, misalnya. Dari Jenis Varian yang ditawarkannya pun sangatlah beragam.

Dari mulai kurma asal Tunisia, Mesir, Saudi Arabia dan juga Korma dari Amerika pun ada. Tunggu dulu? Kok Kurma ada yang dari Amerika, memangnya ada. Bukannya Buah Kurma umumnya berasal dari Negara Timur Tengah.

Baca juga: Festival Kurma Dilulu Supermarket Dan Dapatkan Promo Diskonnya!

Adapun Kurma Medjool merupakan kurma yang hingga saat ini telah banyak dibudidaya di Arizona, Amerika Serikat, yang awal pertama kalinya banyak tumbuh di Maroko.

Kurma medjool memiliki keunikan tersendiri di banding jenis kurma lain pada umunya. Karena Kurma ini memiliki bentuk buah lebih besar, berwarna coklat muda serta memiliki daging buah yang tebal.

Nah, Apakah anda sudah menyiapkan atau membeli Kurma untuk melengkapi menu Ramadhan kamu dan keluarga. Kalau memang belum yuk simak dulu, 3 Tips Cara Memilih dan Menyimpan Kurma Yang Aman, sehat dan juga Segar. Biar tidak Salah / keliru saat membelinya.

Baca juga: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 1441 H Tahun 2020!

Tips / Cara Memilih Kurma Berkualitas Baik Sehat dan Segar

1. KENALI JENIS KURMA YANG AKAN DIBELI
Kurma yang dijual dipasaran umumnya memiliki dua jenis, yaitu Kurma Muda dan Kurma Kering / matang.
Semakin kering, tekstur kurma akan semakin keras dan memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Sedangkan Kurma muda mengandung kalori dan gula yang lebih sedikit, namun kadar serat , air serta proteinnya lebih tinggi.

2. PERIKSA KULIT DAN AROMA KURMA
Pilihlah kulit kering dengan kulit mengkilat dan lembut ketika disentuh. Serta berukuran besar dengan daging tebal dan kenyal. Buah Kurma yang masih segar berwarna cokelat, kuning atau kemerahan yang merata.

Sedangkan Kurma yang sudah lama disimpan akan berwarna merah kehitaman.

Pilhlah Buah kurma yang tidak lengket ataupun keras pada bagian kulitnya. Kurma yang masih baik akan memiliki aroma lembut khas kurma. Tidak tercium bau menyengat, asam dan busuk.

3. SIMPAN DALAM WADAH KERING DAN TERTUTUP RAPAT
Kurma kering dapat bertahan hingga 3 bulan dalam suhu ruang. Dan 1 Tahun apabila kamu menyimpannya dalam kulkas / freezer.

Sedangkan Kurma muda hanya akan bertahan selama beberapa minggu di suhu ruang. Pastikan kamu menyimpannya dalam wadah kering yang tertutup rapat untuk menjaga kualitas dan kebersihan kurma kamu ya!

Bila kurma yang ingin anda beli merupakan kurma yang dijual secara curah atau kiloan, tips yang sudah diuraikan sudah cukup untuk anda terapkan.

Namun bila Kurma yang anda temui sudah dalam bentuk kemasan atau telah di wrapping plastik dalam Styrofoam, selain menerapkan tips diatas anda juga harus memperhatikan tanggal expired (masa kadaluarsa) atau tanggal pengepakannya ya!

Artikel ini sudah Terbit di scanharga.com, dengan Judul Biar Tak Keliru! Ini Dia 3 Tips Memilih Dan Cara Menyimpan Kurma Yang Food Safety , alamat url:
https://www.scanharga.com/2020/04/3-tips-memilih-cara-menyimpan-kurma.html